Cara Mengatasi Prostatitis Beserta Pengobatannya

Hasil gambar untuk prostatitis

Health.harvard.edu

Mendiagnosis prostatitis melibatkan mengesampingkan kondisi lain sebagai penyebab gejala Anda dan menentukan jenis prostatitis yang Anda miliki. Dokter akan bertanya tentang riwayat kesehatan dan gejala Anda baru setelah itu menyarankan pengobatan yang tepat sebagai cara mengatasi prostatitis. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik, yang kemungkinan akan mencakup pemeriksaan dubur digital.

Tes diagnostik awal mungkin termasuk :

1. Tes urin. 

Dokte mungkin memiliki sampel urin yang dianalisis untuk mencari tanda-tanda infeksi dalam urin Anda (urinalisis). Dokter mungkin juga mengirim sampel urin Anda ke laboratorium untuk menentukan apakah Anda memiliki infeksi.

2. Tes darah. 

Dokter mungkin memeriksa sampel darah Anda untuk melihat tanda-tanda infeksi dan masalah prostat lainnya.

3. Pijat pasca prostat. 

Dalam kasus yang jarang terjadi, dokter mungkin memijat prostat Anda dan menguji sekresi.

4. Tes pencitraan. 

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin memesan CT scan saluran kemih dan prostat Anda atau sonogram prostat Anda. Gambar CT scan memberikan informasi lebih rinci daripada sinar-X biasa. Sonogram adalah gambar visual yang dihasilkan oleh USG.

Berdasarkan gejala dan hasil tes Anda, dokter mungkin menyimpulkan bahwa Anda memiliki salah satu dari jenis prostatitis berikut :

1. Prostatitis bakteri akut. 

Seringkali disebabkan oleh strain bakteri yang umum, jenis prostatitis ini umumnya mulai tiba-tiba dan menyebabkan tanda-tanda dan gejala seperti flu, seperti demam, kedinginan, mual dan muntah.

2. Prostatitis bakteri kronis. 

Ketika antibiotik tidak menghilangkan bakteri penyebab prostatitis, Anda dapat mengalami infeksi berulang atau sulit diobati. Di antara serangan prostatitis bakteri kronis, Anda mungkin tidak memiliki gejala atau hanya gejala ringan.

3. Prostatitis kronis / sindrom nyeri panggul kronis. 

Jenis prostatitis ini yang paling umum tidak disebabkan oleh bakteri. Seringkali penyebab pasti tidak dapat diidentifikasi. Bagi sebagian pria, gejalanya tetap sama sepanjang waktu. Bagi yang lain, gejalanya melalui siklus menjadi semakin parah.

4. Prostatitis inflamasi asimptomatik. 

Jenis prostatitis ini tidak menimbulkan gejala dan biasanya hanya ditemukan secara kebetulan ketika Anda menjalani tes untuk kondisi lain. Itu tidak memerlukan perawatan.

Bagaimana cara mengatasi prostatitis ?

Pengobatan tergantung pada jenis prostatitis. Pilihan perawatan sebagai cara mengatasi prostatitis meliputi :

  • Obat-obatan anti-inflamasi, bersama dengan mandi sitz hangat (duduk dalam 2-3 inci air hangat). Ini adalah perawatan yang paling konservatif untuk prostatitis kronis.
  • Menghindari makanan yang memicu gejala, seperti kafein, makanan pedas, dan alkohol
  • Gunakan bantal jika Anda akan duduk untuk waktu yang lama
  • Obat antibiotik untuk prostatitis infeksi. Untuk prostatitis infeksi akut, pasien biasanya perlu minum obat antibiotik selama 7-14 hari. Hampir semua infeksi akut dapat disembuhkan dengan perawatan ini.
  • Untuk prostatitis infeksi kronis, obat antibiotik diminum dalam jangka waktu yang lebih lama – biasanya 6-12 minggu. Sekitar 60% dari semua kasus prostatitis infeksi kronis sembuh dengan perawatan ini. Untuk kasus-kasus yang tidak menanggapi perawatan ini, minum antibiotik dengan dosis rendah untuk waktu yang lama mungkin disarankan untuk meringankan gejala.
  • Quercetin bioflavonoid antioksidan alami telah terbukti meningkatkan peradangan dan gejala pada pria dengan prostatitis nonbakterial / sindrom nyeri panggul kronis.
  • Agen penghambat alfa dapat meningkatkan aliran urin dan sering mengurangi gejala berkemih lainnya pada pasien dengan prostatitis kronis. Agen penghambat alfa termasuk tamsulosin (Flomax®) atau alfusozin (Uroxatral®) untuk pasien dengan gejala batal dan mereka yang tidak mengosongkan kandung kemih dengan baik.

Perawatan lain untuk prostatitis non-infeksi kronis termasuk obat finasteride (Proscar®, terazosin®), dan doxazosin. Obat-obatan ini mengendurkan otot-otot prostat dan kandung kemih untuk meningkatkan aliran urin dan mengurangi gejala. Banyak kasus prostatitis nonbakterial merespons pengobatan seperti olahraga, myofascial trigger point melepaskan terapi fisik, relaksasi progresif, dan konseling.

Prostatitis adalah kondisi yang dapat diobati. Bahkan jika masalahnya tidak dapat disembuhkan, Anda biasanya bisa mendapatkan bantuan dari gejala-gejala Anda dengan mengikuti perawatan yang disarankan. Jika Anda menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter Anda, penting untuk mengikuti resep lengkap, bahkan jika Anda tidak lagi memiliki gejala. Sebagai contoh, dengan prostatitis infeksi, gejala-gejalanya mungkin hilang sebelum infeksi benar-benar sembuh.

Sumber :

www.mayoclinic.org 

https://my.clevelandclinic.org

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>